Berbagi informasi, review, foto, video maupun tutorial yang lagi ngetren di Indonesia.

Berita Hari Ini : Diperingati Ulang Tahun Ke 200 Oleh Google

Selasa, 03 November 2015

Berita Hari Ini : Diperingati Ulang Tahun Ke 200 Oleh Google

Berita Hari Ini : Diperingati Ulang Tahun Ke 200 Oleh Google Inilah Riwayat Hidup George Boole Pencetus Logika Matematika !

Google Peringatai Ultah ke-200 George Boole

Google Peringatai Ultah ke-200 George Boole
George Boole
Hari ini Google memperingati ulang tahun seorang mtetmatikawan bernama George Boole dengan menghadirkan doodle khusus untuk ulang tahun yang ke-200 bagi sorang matematikawan besar George Boole.
Notasi aljabar muncul memeriahkan logo Google. Namun warna andalan Google tetap ada diantara notasi X, Y, NOT, OR, AND atau XOR. Ini adalah bagian memperingati kelahiran George Boole, sosok yang memberi banyak ide dan penemuan dalam dunia kalkulus.
George Boole ialah seorang pencetus logika matematika modern. Dialah yang mengenalkan ide aljabar biner yang kini banyak digunakan dalam desain sirkuit dan perancangan sakelar on/of.
George Boole dilahirkan di Lincoln, Inggris pada tanggal 2 November 1815. Beliau berasal dari keluarga miskin. Kepandaian Boole sudah tampak sejak berusia 12 tahun. Pada saat itu, dia sudah berhasil menerjemahkan sebuah syair dari bahasa latin. Hasil terjemahan itu dikirimkan ke surat kabar setempat. Ketika dimuat, banyak orang tidak percaya bahwa yang menerjemahkan syair itu adalah seorang anak yang berumur 12 tahun, George Boole.
Seorang George Boole berkerja sambilan menjadi asisten guru pada usia 16 tahun untuk membantu ekonomi keluarganya.
Boole mendirikan sebuah Sekolah Dasar dengan tujuan khusus untuk mempersipkan murid-muridnya menjadi matematikawan. Saat membuka sekolah itulah, Boole menyadari bahwa buku pegangan yang digunakanoleh siswa saat itu bukan buku matematika yang layak. Dia lalu kembali membuka buku matematika klasik yang ditulis pada abad ke-17 dan abad ke-18. Kemudian Boole terpengaruh oleh pemikiran-pemikiran Isaac Newton Pierre Laplace. George Boole wafat diusianya yang ke-49 tahun pada 8 December 1864 di County Cork, Ireland.
George Boole adalah jiwa brilian yang telah menulis sejumlah buku matematika. Tahun 1854 mengeluarkan buku yang melambangkan namanya: An Investigation of the Laws of Thought. Umur 39 tahun, dapat dikatakan terlalu tua untuk berkarya.
Boole menerima penghargaan dari Universitas Dublin dan Oxford. Dia pun menjadi anggota kehormatan di Royal Irish Academy dan Royal Society of London. Aljabar Boolean yang dicetuskan Boole merupakan ide dasar dalam perancangan sirkuit computer dan juga bermanfaat dalam perancangan jalur tekepon. Pemikiran Boole dituangkan lewat postulat dan istilah-istilah sederhana.
Postulat dilambangkan dalam istilah K, +, X, dimana K adalah himpunan yang tidak ditentukan (sepenuhnya sembarang, tanpa makna implisit atau maksud yang terdapat pada postulat tersebut) elemen-elemen a, b, c, …, dan a + b serta a x b (dapat disingkat ab) adalah hasil dari dua operasi biner yang tidak ditentukan, +, X (“biner” karena setiap operasi +, X berlaku sebesai dua elemen dari K).
Ada 10 postulat yang dapat dikategorikan ke dalam delapan kategori:
I a. Apabila ada a dan b berada dalam himpunan K, maka a + b masuk himpunan K
I b. Apabila ada a dan b berada dalam himpunan K, maka ab masuk himpunan K
II a. Terdapat elemen Z sehingga a + Z = a berlaku untuk setiap elemen a.
II b. Terdapat elemen U sehingga aU = a berlaku untuk setiap elemen a.
III a. a + b = b +a
III b. ab = ba
IV a. a + bc = (a + b)(a+ c)
IV b. a(b + c) = ab + ac
V. Untuk setiap elemen a terdapat elemen a’ sehingga a + a’ = U dan aa’ = Z
VI. Terdapat minimal dua elemen berbeda dalam kelompok K